Peran Employer Brand dalam Bisnis

Employer brand adalah faktor yang penting dalam bidang Sumber Daya Manusia. Employer brand yang tepat dapat menarik orang-orang yang sesuai untuk perusahaan, dan membantu mempertahankan mereka. Apa yang dimaksud dengan employer brand? Lalu bagaimana manfaatnya? Berikut ini adalah ulasan dari Irvandi Ferizal, Country HR Director TNT Indonesia pada Asia HRD Congress yang diselenggarakan oleh PPM Manajemen dan SMR Group Malaysia pada tanggal 22-24 Juli lalu.

Employer brand menurut Ambler dan Barrow adalah serangkaian manfaat fungsional, ekonomis dan psikologis yang disediakan oleh suatu pekerjaan dari perusahaan tertentu. Sementara itu, employer branding adalah proses dalam membangun identitas unik employer serta konsep nilai organisasi yang membedakannya dengan pesaing.

Employer branding adalah kunci dari employee engagement. Studi yang dilakukan oleh ISR menunjukkan terdapat gap sebesar 52% dalam kenaikan pendapatan operasi antara perusahaan dengan karyawan yang highly engaged dengan karyawan yang low engaged.

Employer brand merupakan kombinasi dari berbagai macam faktor, mulai dari visi dan kepemimpinan, kebijakan dan visi, keadilan dan kerjasama, kepribadian perusahaan, reputasi eksternal, komunikasi, rekrutmen, manajemen kinerja, development, lingkungan kerja, sistem reward, dan post-employment.

Untuk siapakah employer branding ditujukan?

Pertama, bagi karyawan potensial, kehadiran employer brand mampu meyakinkan pelamar yang lebih banyak dan lebih baik untuk melamar kerja dan menerima tawaran. Dan kedua, employer brand diharapkan menekan turn over, meningkatkan motivasi karyawan dan sense of belonging, serta menyelaraskan perilaku individu sesuai dengan kebutuhan organisasi. Perlu diingat, bahwa konsistensi pesan antara kedua kelompok tersebut sangatlah vital, karena tentunya organisasi harus melaksanakan seperti apa yang mereka janjikan. Jika perusahaan menampilkan image yang tidak realistis, maka mungkin saja tingkat rekrutmen meningkat, namun berpotensi menimbulkan kerusakan secara perlahan.

Apa saja manfaat dari employer brand?

  1. rekrutmen akan menjadi lebih efektif
  2. meningkatnya retensi dan motivasi dari karyawan
  3. meningkatnya employee engagement
  4. karyawan yang lebih beraneka ragam
  5. menghasilkan keunggulan kompetitif
  6. memberikan persepsi yang positif di mata konsumen
  7. memicu kontinuitas jangka panjang

Kekuatan dari brand adalah kombinasi antara employer brand dengan employee experience. Jika employer brand adalah sebuah pernyataan atau janji yang dibuat oleh perusahaan demi menarik kandidat karyawan yang potensial, maka employee experience adalah hasil actual dari pernyataan tersebut sepanjang masa kerja karyawan. Kedua hal tersebut menghasilkan brand strength atau kekuatan brand sehingga akan memberi manfaat berikut ini: menarik kandidat yang tepat, retensi dan engagement karyawan, diferensiasi dari pesaing, serta retensi dan engagement karyawan.

Bagaimana kunci dalam mengelola employer brand? Pertama-tama, organisasi harus memahami karyawan seperti apa yang mereka inginkan, misalnya, karyawan yang berfokus pada customer service excellence. Selanjutnya, ciptakanlah lingkungan kerja yang tepat. Misalnya, jika ingin karyawan yang berfokus pada service, berusahalah untuk menciptakan kepuasan kepada karyawan. Selanjutnya, kembangkan aktivitas komunikasi internal maupun eksternal untuk memasarkan employer brand organisasi.

Berikut ini adalah 4 jenis pesan yang umum digunakan dalam employer brand:

Focus on Offers: Pesan yang ditampilkan berfokus pada penawaran, baik itu peluang karir, benefit, hingga culture perusahaan.

Focus on Personality: Pesan yang ditampilkan mengedepankan kepribadian dari organisasi

Focus on Values: Pesannya menonjolkan nilai-nilai yang dianut dalam organisasi.

Focus on Tasks: Pesan yang ditampilkan berfokus kepada apa saja aktivitas yang bisa dilakukan melalui pekerjaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: