Bank Indonesia Menetapkan Peraturan Perbankan Syariah

Bank Indonesia melakukan pengaturan akan kegiatan penghimpunan dana syariah, penyaluran dana dan produk dan unit usaha syariah. Ketiga peraturan tersebut diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI), dengan nomor 10/16/PBI/2008, 10/17/PBI/2008 dan 10/18/PBI/2008. Peraturan ini ditandatangi oleh Gubernur Bank Indonesia pada 25 September 2008.

Dalam peraturan yang baru itu, bank syariah diwajibkan untuk menyampaikan laporan kepada Bank Indonesia atas produk baru yang akan diluncurkan. Selain itu, perbankan syariah juga wajib mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Para peraturan yang lain juga disebutkan tentang restrukturisasi pembiayaan bagi bank umum syariah dan unit usaha syariah, dimana untuk dapat menghindari gagal bayar, maka bank umum syariah dan unit usaha syariah diwajibkan untuk menjaga kualitas pembiayaan.

Bank syariah umum dan unit usaha syariah juga dilarang merestrukturisasi pembiayaan untuk mencegah penurunan kualitas pembiayaan, penyisihan penghapusan aktiva ataupun penghentian pengakuan pendapatan margin.(JW)

Satu Tanggapan

  1. semoga regulasi Bank Indonesia akan terus berpihak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: