Mulailah Menyusun Anggaran Bulanan Anda

Sulitnya menyusun anggaran bulanan mungkin menjadi keluhan dalam kehidupan pribadi Anda. Terkadang, kita masih sulit membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan bulanan. Permasalahan yang terjadi biasanya pengeluaran yang tercipta akan selalu melebihi pemasukan yang diterima. Ini adalah sebuah fenomena yang kini terjadi. Berikut ini adalah beberapa langkah keuangan agar anggaran bulanan Anda lebih bermakna :

1. Lakukanlah penghematan biaya hidup

Biaya yang tidak terencana seperti agenda makan diluar serta kebutuhan rohani lainnya seperti rekreasi harus diwaspadai. Jangan melakukannya setiap hari karena akan membuat anggaran pengeluaran Anda menjadi semakin besar. Inilah penyebab mengapa pemasukan selalu lebih besar dari pengeluaran seberapa besarpun penghasilan yang Anda dapatkan. Buatlah jadwal rutin secara bulanan dimana Anda akan menghabiskan dana kebutuhan ruhani. Misalnya jika jatah anggaran rekreasi atau makan diluar sudah habis, lakukanlah berbagai kegiatan rekreasi dirumah bersama keluarga, misalnya olah raga keliling komplek, masak memasak dan lainnya.

2. Buatlah penyisihan dana yang diberlakukan sebagai tabungan

Jika cicilan hutang Anda telah lunas maka lakukanlah penyisihan pemasukan sebagai tabungan. Ikutlah program tabungan yang tidak dapat diambil kembali sampai dengan jangka waktu tertentu (tabungan rencana). Jika mencukupi simpanlah beberapa dalam instrumen deposito. Jika anggaran bulanan Anda mengalami defisit, tabungan yang Anda miliki dapat berperan sebagai penutup atas defisit tersebut. Rutin serta berkelanjutan adalah aspek pendukung kesuksesan Anda dalam melakukan penyimpanan dana.

3. Penghematan cicilan hutang

Pengeluaran yang terbesar umumnya terjadi pada aspek cicilan rumah secara bulanan. Cicilan KPR akan memberatkan Anda dimana porsi ini akan memakan sebagian besar dari penghasilan yang Anda dapatkan. Saat ini, pihak perbankan mensyaratkan bahwa cicilan KPR ini tidak boleh melebihi 1/3 dari gaji yang Anda dapatkan. Sehingga jika Anda mendapatkan penghasilan sebesar Rp 6.000.000/bulan maka cicilan hutang harus tidak boleh melebihi dari Rp 2.000.000/bulan. Kurangilah beban cicilan hutang bulanan melalui berbagai cara dibawah ini :

a). Lunasi seluruh hutang kartu kredit Anda sebelum batas waktu. Hal ini untuk menghindari sanksi yang akan diberikan jika Anda telat melakukan pembayaran. Dana ini bisa Anda ambil dari tabungan yang dimiliki dan hentikanlah pemakaian kartu kredit jika memberatkan anggaran bulanan Anda.

b). Kurangilah cicilan hutang KPR melalui perpanjangan waktu pembayaran jika tidak bisa teruskanlah pembayaran cicilan seperti biasa.

4. Buatlah anggaran bulanan

Ini adalah langkah yang terpenting yang harus Anda lakukan. Lakukanlah pembuatan sebelum Anda mendapatkan pemasukan sehingga akan mudah dipertimbangkan apakah terjadi defisit atau tidak. Jika anggaran yang Anda hasilkan mencerminkan pengeluaran yang lebih tinggi jika dibandingkan pendapatan lakukanlah berbagai cara penghematan. Beberapa pengeluaran pokok seperti listrik, gas, air serta telepon dapat mulai Anda kurangi. Disiplinlah dalam mengaplikasikan anggaran bulanan yang Anda buat.

Jika Anda bisa melakukan berbagai tahapan diatas maka dipastikan anggaran bulanan yang Anda susun tidak mengalami defisit atau tragedi dimana pengeluaran yang Anda hasilkan lebih besar dari penghasilan yang didapatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: